Sunday, July 27, 2014

8 Alasan mengapa kita harus mengangkat beban


By: Benaya Sutanto, MSc

1) Latihan beban akan membuat kita merasa kuat dan fit.
     Ada alasan mengapa alasan ini menempati peringkat pertama dari list ini, dan merupakan alasan terpenting. Perasaan memiliki tubuh yang fit dan kuat akan membuat kita memiliki tingkat kepercayaan diri yang sangat tinggi dalam menghadapi orang dan permasalahan hidup sehari-hari. Bahkan ada pepatah yang mengatakan "strong body is a strong mind" dan ini adalah hal yang sangat benar. Strength is confidence!


2) Latihan beban dapat membuat tubuh kita membakar lemak lebih banyak
Terdapat mitos yang sangat umum bahwa cara satu-satunya untuk membakar lemak adalah dengan melakukan cardio. Membentuk dan menambah massa otot tubuh yang solid dengan diet yang memadai adalah cara yang terbaik untuk membakar lemak-lemak tubuh yang menggelambir. Dengan menambah massa otot, tubuh akan membakar lemak lebih banyak bahkan saat tubuh pada kondisi beristirahat. Tentunya dengan ditambah latihan cardio yang secukupnya akan membuahkan hasil yang maksimal.

3) Latihan beban melatih kita disiplin dan bekerja keras
Kita harus ingat bahwa Nothing good ever came from something easy. Semua hal yang baik dalam hidup kita harus diusahakan dan membutuhkan kerja, rasa sakit dan pengorbanan. Dengan melakukan latihan beban kita melatih diri kita untuk tidak menjadi lunak dan diinjak oleh dunia ini, melainkan kita dapat menjadi sosok yang kuat dan mampu bertahan dalam menghadapi berbagai masalah dalam hidup.

4) Latihan beban akan membuat kita memiliki tubuh yang lebih sehat
Setelah beberapa bulan melakukan latihan beban kita akan merasakan bahwa kita lebih jarang terkena flu, tubuh meriang, atau penyakit-penyakit lain. Hal ini dikarenakan dengan latihan beban tubuh kita akan memiliki sistem produksi hormon yang baik dan seimbang. Oleh karena itu metabolisme tubuh juga baik dan sistem imun tubuh kita akan bekerja dengan sangat baik. Latihan beban juga dapat meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang.

5) Latihan beban dapat mencegah penyakit kanker
Sel kanker tidak dapat bertumbuh pada lingkungan yang tinggi dengan oksigen. Dengan melakukan latihan beban, darah kita akan memiliki tingkat oksigen yang tinggi dan juga metabolisme yang tinggi sehingga sel kanker tidak dapat berkembang di dalam tubuh kita. 

6) Latihan beban dapat membuat kita lebih bahagia.
Dengan melakukan latihan angkat beban, tubuh kita akan menghasilkan hormon endorphin, hormon endorphin ini adalah hormon yang menyebabkan seseorang merasa bahagia, dan juga merupakan natural pain killer. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa seseorang yang melakukan latihan beban tiga minggu sekali selama 6 bulan akan memiliki tingkat amarah yang rendah dan mood yang lebih baik.

7) Latihan beban membuat tubuh kita terlihat lebih indah
Dengan melakukan latihan beban secara teratur akan membuat postur tubuh kita menjadi lebih baik dan juga tubuh menjadi terlihat kencang dan proporsional. Banyak orang yang memiliki otot perut dan otot punggung yang lemah akan membuat postunya menjadi membungkuk. Terlebih lagi untuk kita yang bekerja seharian di kantor dan mengendarai mobil dalam jangka waktu yang lama mengakibatkan postur yang tidak baik. Dengan memiliki tubuh yang indah tentunya akan membuat kita menarik bagi orang lain atau lawan jenis, hal ini akan membuat kita lebih mudah dalam bersosialisasi dan juga berinteraksi dengan orang lain, baik dalam kehidupan pribadi maupun di dunia kerja.

8) Latihan beban itu menyenangkan
Setelah 6-12 bulan kita memaksakan diri kita untuk pergi ke gym dan berlatih secara teratur,  kita akan merasakan bahwa latihan beban itu merupakan suatu hal yang menyenangkan, bahkan kita akan merasa ada yang kurang jika tidak melakukannya. Dengan melakukan latihan beban kita memiliki tujuan yang mau kita capai, kita dapat melakukan hal yang sebelumnya tidak dapat kita lakukan, kita menjadi lebih kuat dan mampu mengangkat beban lebih berat dan hal ini memberikan rasa percaya diri yang tidak dapat dibayar dengan apapun. 




By: Benaya Sutanto, Msc




No comments:

Post a Comment